Friday, August 24, 2012

It is Us

So here we are, 57 pioneers, start leaving the comfort zone. 

          Gak kerasa banget woy! Tiga tahun penuh perjuangan buat survive di MHT akhirnya berakhir. Berawal dari kelas X. Tahun pertama MHT berdiri adalah tahun terberat buat kita semua. Buat 62 orang anak-anak yang baru lulus SMP, buat guru-guru yang tiba-tiba dipindahtugaskan sementara ke sekolah baru yang masih gak jelas tujuannya apa, waktu itu. 

          Inget gak? Dulu berapa lama kita nunggu seragam MHT selesai dibuat? Satu bulan, kawan. Dulu juga kita belum asrama 6 bulan pertama. Bolak-balik sekolah-rumah pakai seragam SMP tapi perginya ke SMA. Bingung kan? Jujur dulu gue malu banget kalau ada temen SMP yang nanya kenapa masih pakai seragam SMP? kan udah SMA? Hahahahaha.
         Sampai sekarang gue juga masih takjub. Kita ini sekolah negeri, tapi kayak swasta yah. Sekolahnya besar banget! Gue masih inget, kawan. Enam puluh dua orang mengisi satu sekolah yang luas tanahnya aja sampai sekarang gue gak inget berapa. Sepi. Kita terbiasa sepi. Gue juga inget banget waktu kita kelas X, pelajaran yang kita dapatkan dari guru-guru bisa dibilang berat. Pelajaran tiga tahun SMA jadi setahun. Aksel aja kayaknya gak setega ini ya?
          Inget gak? Dulu kita kalau ikut lomba itu satu sekolahan ikut. Kalau gak salah, 30 orang ikut Pesta Sains IPB, sisanya ikut Kompetisi Matematika DKI Jakarta, ya? Tapi waktu itu belum ada yang menang ya? Tapi kita tetep seneng! Seneng jalan-jalan! :)
          Dulu gue sempet kepikiran buat pindah loh, kawan. Gue nangis di mobil tiap pulang ke rumah. Kenapa? Kenapa nilai gue super jelek gini di SMA? Gue kayaknya gak kuat. Ayah sampai bilang, "Tunggu semester dua, kalau gak betah lagi, kelas XI pindah aja" Ternyata bukan gue yang pergi. Malah beberapa teman yang lain yang meninggalkan MHT. Beberapa guru dekat juga dipindahtugaskan lagi. Gue inget waktu itu, kawan. Kita tinggal berenampuluh. Menjalani sisa semester dua kelas X.
         Gue merasa ada titik terang buat kita semua, kawan. Waktu ada pengumuman tiga teman kita lolos OSN di Medan. Samuel, Lindy, Tiroy. Kita semua excited banget! Detik-detik pengumuman kita berdoa bareng di GOR. Duduk melingkar, nungguin pengumuman yang menegangkan itu. Katanya Lindy dan Tiroy, yang mewakili Biologi Jakarta, gak dapet medali. Tapi Sam, yang mewakili Kimia, ternyata dapat perunggu! Perunggu pertama buat MHT!! Perunggu pertama di tingkat nasional untuk sekolah yang baru berdiri satu tahun. 
        Ternyata gue masih disana. Awal semester satu kelas XI. Akan tetapi tiga dari kita memutuskan untuk pergi. Berkurang lagi, kawan. Kita sekarang berlimapuluhtujuh. Kita saling menyemangati. Kita saling mendukung dan bilang "Harapan itu masih ada! Masih bisa menang lomba!" Kita masuk kelas Olimpiade Senin & Kamis. Belajar AS level untuk sertifikasi Cambridge. Kita sebenarnya bergerak, kawan. Dengan cepat. 
         Siapa sangka kan semuanya bisa kayak gini. Delapan dari lima puluh tujuh orang lolos OSN dan membawa medali. Gak tanggung-tanggung, kawan. Satu emas absolute winner juga untuk sekolah kita. Medali-medali itu dari Lindy, Meva, Samuel, Nurul, Indhika, Radhi, Wiwid dan Dhata. Kita hebat, ya?
Kita juga ikut lomba-lomba tingkat nasional yang lain. Piala dan penghargaan kita dapatkan. Sekarang di piagam itu tertulis JUARA bukan PESERTA lagi, bung! Walaupun gue cuma berkontribusi sedikit, tapi gue bangga bisa liat kita semua tertawa, bahagia.
           Gak sedikit pengorbanan yang kita lakukan untuk bersama. Dari mulai merintis TOC pertama sampai detik ini, kawan. Gue gak akan pernah lupa tiga tahun yang begitu berharga. Tiga tahun yang beberapa hari di antaranya ada tangis dan duka. Kayaknya kalau gue tulis semua di blog ini, mungkin akan makan waktu banget ya. Kita terlalu seru buat dituliskan di tulisan gue di blog. Oh iya, kalau ada adik kelas yang baca tulisan ini, gue mau bongkar rahasia. Sebenarnya kita norak banget loh waktu akhirnya punya adik kelas! Akhirnya sekolah gak sepi lagi. Akhirnya anak asrama cowok bertambah penghuninya. :D
         Lima puluh tujuh orang berhasil lulus. Bukan sekadar lulus, kawan! Kita berhasil menjawab tantangan dinas! Kita peringkat satu UN SMA Negeri di Jakarta!!!! Terjawab sudah pertanyaan "MHT? Itu sekolah apa? Ada di mana tuh? Sekolah swasta ya?" Samuel dapat medali perak kimia internasional, kawan. Di Amerika! Lindy juga dapat perak biologi internasional di Singapura! Internasional, kawan!! Semoga prestasi yang ditorehkan kita bisa terus dilanjutkan adik-adik kelas ya, kawan. Prestasi yang jauh lebih baik dari kita! Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin. Semoga MHT bisa terus eksis! :D



Places where we used to play together, pictures taken by Grace

            Sekarang satu persatu dari kita sudah berangkat meninggalkan zona aman. Satu persatu dari kita meninggalkan Jakarta, meninggalkan Indonesia, untuk meneruskan studi di tanah orang. Kalau memang penyesalan datangnya di akhir, kawan, gue gak pernah nyesel menjadi bagian dari kita. Bagian dari The Pioneer

So here we are, 57 pioneers, start leaving the comfort zone.
Until we meet again!



Bandung, Agustus 2012
.SR

8 comments:

Dhata Karuni Mutia Masyita said...

Kangen thamrin01 :" kita pernah susah seneng bareng semoga nantinya kita jadi orang sukses bareng juga ya :')

phebeanggita said...

kakaaaak bagus banget postingannya :') amiiin semoga kami (adik2 kelas kk2) bisa meneruskan perjuangan & prestasi kakak2 The Pioneer :)

My Life, My love, My Dream said...

amin dhat :D nnti pas dah sukses kita kumpul bareng ya :')

Selma Ramadhani said...

Dhata & Nita: Aamiin ya Allah. Semoga kita dipertemukan gak kekurangan sesuatu apa pun. Semoga kita udah sukses semua nantinya!

Anggi: Aaamiin. Semoga postingannya bikin Anggi & adik2 yg lain semangat ya! Hidup di MHT itu priceless banget kalau bareng temen2. Tetep kompak!

Adam Andytra said...

Amazing post :)

TIK, Robotika Indonesia untuk kebanggaan bangsa said...

Kata dape... So PRO

Smile

Adam said...

@Pak Tata
Bisa aja pak, tak kira apa gitu komennya wakakakaka

Keren keren, keknya gua juga nanti mo curhat"an ah di blog, follow sinusmaximus.blogspot.com ya kawan *promosi ae terus* ;)

Desi Purnama said...

great... keep on making the best achievement, guys... I'll always pray for each of you :-)